Bagi pengguna theme LapakInstan yang berbasis WordPress dan ingin upload ribuan produk bandros secara massal dan cepat, kami menyediakan file EXCEL berisi data produk bandros khusus theme lapak instan yang bisa unduh pada email yang sebelumnya telah kami kirim atau jika tidak menerima email Anda bisa request melalui CS kami.

Lapak Instan adalah sebuah theme wordpress untuk toko online dengan fitur standar e-commerce. Mulai dari hitung ongkos kirim otomatis, desain profesional, ter-integrasi dengan payment gateway (kartu kredit, alfamart, dll), tampilan mobile friendly, dan yang paling penting gratis update seumur hidup.

Untuk upload produk secara massal, Anda bisa menggunakan fitur BULK UPLOAD yang telah disediakan oleh lapak instan seperti gambar di bawah ini:

import-produk

Sebelum upload file CSV, anda perlu melakukan beberapa penyesuaian menyesuaikan website milik Anda. Berikut adalah tahap yang harus Anda siapkan sebelum melakukan import produk.

Upload semua foto produk melalui halaman Media > Add Media. (Misal Anda hanya ingin upload produk Catenzo, Anda cukup upload semua produk catenzo saja)

import-produk1

Setelah proses upload selesai. Anda klik EDIT pada salah satu file yang berhasil di-upload. Seperti gambar di atas.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan sebuah link foto, di sini kita hanya membutuhkan link dari folder foto. Jadi pada kasus ini cukup copy sampai …/wp-content/uploads/2016/04/. Jadi yang Anda dapatkan misal seperti : http://websitekamu.com/wp-content/uploads/2016/04/.

import-produk2

Setelah Anda mendapatkan link folder foto, tahap selanjutnya buka file EXCEL yang ingin Anda upload. Misal file Catenzo Sepatu.xlsx. Pada file tersebut terdapat kolom dengan nama my_meta_image_1. Copy semua isi kolom tersebut ke aplikasi Notepad ++. Setelah copy semua isi kolom tersebut akan seperti berikut:

import-produk3

Untuk merubah semua url, Anda cukup tekan CTRL F kemudian masuk tab replace seperti gambar di atas.

Pada isian Find what isi http://webkamu.com/wp-content/uploads/2016/04

Pada isian Replace with isi dengan url yang telah kamu dapatkan pada step sebelumnya.

Klik Replace All untuk merubah semua url. Maka akan seperti gambar di bawah ini:

import-produk4

Setelah semua url berhasil diubah, copy semua url tersebut kemudian paste ke file EXCEL lalu SAVE AS CSV.

Setelah selesai merubah file, kini saatnya Anda upload produk, masuk Dashboard > SmartToko > Import Produk. Pilih File CSV yang sudah diubah link nya. Kemudian Klik Import.

import-produk

CATATAN:

  • File yang kami sediakan adalah file EXCEL sehingga sebelum import pastikan convert dulu dalam format CSV.
  • Convert File EXCEL ke CSV menggunakan http://www.zamzar.com/convert/xls-to-csv/
  • Harga yang telah kami buat adalah Harga yang sudah dinaikan 25.000 dari harga beli ke bandros. Apabila Anda ingin merubah harga jual di website, anda cukup ubah kolom my_meta_harga pada file EXCEL.
  • Anda juga mungkin perlu merubah kolom smarttoko_post_author sesuai dengan username admin website Anda. Pada file yang kami berikan, standar username admin web adalah admin.
  • Untuk upload seluruh produk bandros, setidaknya Anda membutuhkan space hosting minimal 500 MB atau yang kami sarankan minimal space 1 GB.
  • Dibutuhkan konfigurasi PHP max_execution_time lebih besar untuk menghindari proses terminate dari server.
  • Silahkan baca juga Dokumentasi Resmi dari Lapak Instan tentang import produk.
  • Bagi pengguna WooCommerce, Anda bisa menggunakan file EXCEL ini menggunakan plugin WP All Import.

Semoga bermanfaat.

UPDATE!!

Sekarang Anda tidak perlu cape-cape edit file CSV ini, karena sudah tersedia di halaman “Add-on” pada halaman Member Area. Tukarkan point Anda, Download, Import dalam 1x klik. 🙂

Total Views: 21192 ,